Tuesday, September 20, 2016

PENGERTIAN PETROLOGI

Posted by Edo Bramantyo on Tuesday, September 20, 2016



 Petrologi adalah bidang geologi yang berfokus pada studi mengenai batuan dan kondisi pembentukannya. Ada tiga cabang petrologi, berkaitan dengan tiga tipe batuan: beku, metamorf, dan sedimen. Kata petrologi itu sendiri berasal dari kata Bahasa Yunani petra, yang berarti "batu".(wikipedia)

Petrologi merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat pokok dan mutlak di miliki oleh seorang Geologist. Tanpa adanya titik berat terhadap pengetahuan serta wawasan yang luas terhadap ilmu Petrologi ini, maka seorang Geologist akan sangat sukar menginterpretasikan data – data Geologi yang di temukan dilapangan, terlebih lagi bila hal tersebut berhubungan dengan batuan . Karena batuan adalah salah satu data yang dapat memperkuat bukti kaeadaan morfologi suatu daerah pada masa lampau.

Batuan sebgaai agregat mineral – mineral pembentuk kulit bumi berdasarkan cara terjadinya (Genesa) dapat dikelompokkan menjadi 3 jenis batuan Yaitu :

1.    Batuan Beku ( Igneous Rock )
      Adalah kumpulan Interlocking agregat mineral – mineral silikat hasil magma yang mendingin (Walter T. Huang 1962 )




2.    Batuan Sedimen ( Sedimentary Rock )
      Adalah batuan hasillitifikasi bahan rombakan batuan hasil denudasi atau hasil reaksi kimia maupun hasil kegiatan Organisme ( Pettijhon, 1964 )




3.    Batuan Metamorf ( Metamorphic Rock )
      Adalah batuan yang berasal dari suatu batuan induk yang mengalami perubahan tekstur dan komposisi mineral pada fasa padat sebagai akibat perubahan kondisi Fisika ( tekanan , temperatur atau tekanan dan temperatur secara bersamaan ).


Selain  3 jenis batuan di atas terdapat jaenis Batuan piroklatik yaitu merupakan hasil letusan gunug api ,dalam hal ini dikelompokkan ke dalam jenis  batuan beku karena kemiripan proses genesanya dengan batuan beku  tersebut.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment