Tuesday, September 20, 2016

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Posted by Edo Bramantyo on Tuesday, September 20, 2016

Apa itu Interaksi Manusia dan Komputer?

Istilah Interaksi Manusia dan komputer atau disingkat IMK atau bahasa asingnya Human Computer Interaction atau singkat HCI, baru digunakan secara luas beberapa waktu belakangan ini, namun mengakar dari bidang yang telah mapan sebelumnya. Studi ini telah di mulai dari saat perang dunia kedua dengan munculnya keperluan untuk menghasilkan siatem persenjataan yan g efektif sehingga dipelajari interaksi antara manusia dengan mesin. Hal ini kemudia mendorong munculnya ketertarikan para peneliti di bidang ini dan membentuk suatu perkumpulan peneliti bidang ergonomi atau Ergonomics Research Society.

Ergonomic menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user. Human factor (Faktor Manusia) meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan tugas. Kedua bidang ini memperhatikan kinerja user dalam konteks semua jenis sistem, apakah itu komputer, mekanik, atau manual. Bidang lain yang juga mempengaruhi studi interaksi manusia dan komputer adalah ilmu dan teknologi informasi yang membahas teknologi dan memperhatikan manajemen dan manipulasi informasi dalam suatu organisasi.
IMK melibatkan desain, implementasi dan evaluasi sistem intarktif dalam konteks tugas dan pekerjaan user.
Dalam lingkup Interaksi Manusia dan Komputer, user adalah individual user, sekelompok user yang bekerja bersama atau juga sekumpulan user dalam suatu organisasi, masing-masing menghadapi sebagian dari tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan menggunakan teknologi. Komputer adalah teknologi dari desktop sampai sistem komputer besar, sistem pengontrolan proses atau sistem embedded. Sistem ini dapat mencakup komponen non komputer, termasuk orang. Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer dapat secara langsung (direct) maupun tidak langsung (indirect). Komunikasi langsung melibatkan dialog dengan umpan balik (feedback) dan kontol selama pelaksanaan tugas atau kerja. Komunikasi tidak langsung dapat berupa background process atau proses batch.
Dari sudut pandang pengguna keseluruhan sistem harus Useful, usable dan Used.
·         Useful (Berguna) – dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan
·         Usable (dapat digunakan) – dapat dikerjakan dengan mudah dan alamiah tanpa adanya bahaya kesalahan dan lain-lain
·         Used (Digunakan) – membuat orang menggunakannya, menarik, perlu untuk digunakan, menyenangkan dan lain-lain.
Adapun tujuan utama IMK adalah:
1.    Membuat sistem yang lebih dapat berguna, fungsional, aman, produktif, efektif dan efisien.
2.    Mengingkatkan interaksi antara manusia dengan sistem komputer: sistem yang bermanfaat (Useful) serta aman (Safe) ialah sistem yang dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa juga untuk mengembangkan serta meningkatkan keamanan (Safety), utilitas (Utulity), ketergunaan (Usability), efektifitas (Efectiveness) serta efisiensi (Eficiency).


Siapa saja yang terkait dengan IMK?
IMK merupakan subjek multi disiplin yang mlibatkan berbagai bidang ilmu. Desainer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian di berbagai bidang seperti:
1.    Teknik elektronika dan ilmu komputer
Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang suatu sistem HCI
2.    Psikologi
Memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna.
3.    Perancangan grafis dan tipografi
Sebuah gambar juga dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia dan komputer
4.    Ergonomik
Berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misalnya ialah  bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu.
5.    Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang manusia, yang memberi suatu pandangan tentang bagaimana cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi yang sesuai dengan bidangnya
6.    Linguistik
Ialah cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, contohnya ialah bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah dan lain-lain.
7.    Sosiologi
Ilmu yang mempelajari tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK dikarenakan adanya otomasi kantor.
Jika kita ingin mengaplikasikan konsep-konsep tersebut bukan hanya mendapatkan pemahaman teori yang mendalam. Sasaran kita adalah multidisiplin tapi praktis. Kita berkonsentrasi secara khusus pada ilmu komputer, psikologi dan konsep kognitif dan pengaplikasiannya pada desain. Bidang atau disiplin ilmu lainnya sebagai masukan jika diperlukan.
Sumber:
Agushinta., D., R & Prismashanti., I., A., Y. (2008). Interaksi Manusia dan Komputer. Universitas Gunadarma.

Subakti., I. (2006). Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi Jurusan Teknik Informatika. Institusi Teknologi Sepuluh Nopember: Surabaya. https://www.cs.bham.ac.uk/~mis157/Kuliah/20061_CI1418_HCI/Irfan%20Subakti%20-%202006-07-08%20Interaksi%20Manusia%20dan%20Komputer.pdf

Setiawan., P. (2015). Pengertian Interaksi Manusia Komputer Terlengkap. http://www.gurupendidikan.com/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/
           
           

Previous
« Prev Post

1 comment:

  1. artikel anda sangat membantu berisi informasi yang membantu
    saya menunggu artikel anda selanjutnya

    togel singapura

    togel singapura

    togel singapura

    ReplyDelete