Apa itu Interaksi Manusia
dan Komputer?
Istilah
Interaksi Manusia dan komputer atau disingkat IMK atau bahasa asingnya Human Computer Interaction atau singkat
HCI, baru digunakan secara luas beberapa waktu belakangan ini, namun mengakar
dari bidang yang telah mapan sebelumnya. Studi ini telah di mulai dari saat
perang dunia kedua dengan munculnya keperluan untuk menghasilkan siatem
persenjataan yan g efektif sehingga dipelajari interaksi antara manusia dengan
mesin. Hal ini kemudia mendorong munculnya ketertarikan para peneliti di bidang
ini dan membentuk suatu perkumpulan peneliti bidang ergonomi atau Ergonomics Research Society.
Ergonomic
menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem dan bagaimana hal
tersebut mempengaruhi kinerja user. Human
factor (Faktor Manusia) meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya
dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan sistem dalam menyelesaikan
tugas. Kedua bidang ini memperhatikan kinerja user dalam konteks semua jenis
sistem, apakah itu komputer, mekanik, atau manual. Bidang lain yang juga
mempengaruhi studi interaksi manusia dan komputer adalah ilmu dan teknologi
informasi yang membahas teknologi dan memperhatikan manajemen dan manipulasi
informasi dalam suatu organisasi.
IMK
melibatkan desain, implementasi dan evaluasi sistem intarktif dalam konteks
tugas dan pekerjaan user.
Dalam
lingkup Interaksi Manusia dan Komputer, user adalah individual user, sekelompok
user yang bekerja bersama atau juga sekumpulan user dalam suatu organisasi,
masing-masing menghadapi sebagian dari tugas atau proses dan berusaha untuk menyelesaikan
pekerjaan tersebut dengan menggunakan teknologi. Komputer adalah teknologi dari
desktop sampai sistem komputer besar, sistem pengontrolan proses atau sistem
embedded. Sistem ini dapat mencakup komponen non komputer, termasuk orang.
Interaksi adalah komunikasi antara user dengan komputer dapat secara langsung (direct) maupun tidak langsung (indirect). Komunikasi langsung
melibatkan dialog dengan umpan balik (feedback)
dan kontol selama pelaksanaan tugas atau kerja. Komunikasi tidak langsung dapat
berupa background process atau proses
batch.
Dari
sudut pandang pengguna keseluruhan sistem harus Useful, usable dan Used.
·
Useful
(Berguna) – dapat menyelesaikan apa yang dibutuhkan
·
Usable
(dapat digunakan) – dapat dikerjakan dengan mudah dan alamiah
tanpa adanya bahaya kesalahan dan lain-lain
·
Used
(Digunakan) – membuat orang menggunakannya, menarik, perlu untuk
digunakan, menyenangkan dan lain-lain.
Adapun
tujuan utama IMK adalah:
1. Membuat
sistem yang lebih dapat berguna, fungsional, aman, produktif, efektif dan efisien.
2. Mengingkatkan
interaksi antara manusia dengan sistem komputer: sistem yang bermanfaat (Useful) serta aman (Safe) ialah sistem yang dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut
bisa juga untuk mengembangkan serta meningkatkan keamanan (Safety), utilitas (Utulity),
ketergunaan (Usability), efektifitas
(Efectiveness) serta efisiensi (Eficiency).
Siapa
saja yang terkait dengan IMK?
IMK merupakan subjek multi disiplin yang mlibatkan berbagai bidang
ilmu. Desainer sistem interaktif yang ideal harus memiliki keahlian di berbagai
bidang seperti:
1. Teknik
elektronika dan ilmu komputer
Memberikan kerangka kerja untuk dapat
merancang suatu sistem HCI
2. Psikologi
Memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan
pengolahan kognitif, keterampilan motorik pengguna.
3. Perancangan
grafis dan tipografi
Sebuah gambar juga dapat bermakna sama
dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif
antara manusia dan komputer
4. Ergonomik
Berhubungan dengan aspek fisik untuk
mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misalnya ialah bentuk meja dan kursi kerja, layar tampilan,
bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu.
5. Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang manusia, yang
memberi suatu pandangan tentang bagaimana cara kerja berkelompok yang masing –
masing anggotanya dapat memberikan konstribusi yang sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
Ialah cabang ilmu yang mempelajari tentang
bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa
suatu bahasa khusus, contohnya ialah bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu,
bahasa perintah dan lain-lain.
7. Sosiologi
Ilmu yang mempelajari tentang pengaruh
sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK dikarenakan
adanya otomasi kantor.
Jika kita ingin mengaplikasikan
konsep-konsep tersebut bukan hanya mendapatkan pemahaman teori yang mendalam. Sasaran
kita adalah multidisiplin tapi praktis. Kita berkonsentrasi secara khusus pada
ilmu komputer, psikologi dan konsep kognitif dan pengaplikasiannya pada desain.
Bidang atau disiplin ilmu lainnya sebagai masukan jika diperlukan.
Sumber:
Agushinta., D., R
& Prismashanti., I., A., Y. (2008). Interaksi
Manusia dan Komputer. Universitas Gunadarma.
Subakti., I.
(2006). Interaksi Manusia dan Komputer. Edisi
Jurusan Teknik Informatika. Institusi Teknologi Sepuluh Nopember: Surabaya. https://www.cs.bham.ac.uk/~mis157/Kuliah/20061_CI1418_HCI/Irfan%20Subakti%20-%202006-07-08%20Interaksi%20Manusia%20dan%20Komputer.pdf
Setiawan., P.
(2015). Pengertian Interaksi Manusia
Komputer Terlengkap. http://www.gurupendidikan.com/pengertian-interaksi-manusia-komputer-terlengkap/
artikel anda sangat membantu berisi informasi yang membantu
ReplyDeletesaya menunggu artikel anda selanjutnya
togel singapura
togel singapura
togel singapura