Thursday, September 15, 2016

TAHAP PENYELESAIAN DUKA KUBLE- ROSS

Posted by Edo Bramantyo on Thursday, September 15, 2016




Kubler-Ross menyebutkan bahwa ada tahapan-tahapan duka cita, diantaranya yaitu tahap penyelesaian duka (grief work) yang terdiri dari tahapan-tahapan yang bervariasi, yaitu:





a)      Penyangkalan ( Denial ) 
Penyangkalan biasanya merupakan pertahanan sementara untuk diri sendiri. Perasaan ini pada umumnya akan digantikan dengan kesadaran yang mendalam akan kepemilikan dan individu yang ditinggalkan.

b)      Marah ( Anger ) 
Ketika berada pada tahapan kedua, individu akan menyadari bahwa ia tidak dapat senantiasa menyangkal. Oleh karena kemarahan, orang tersebut akan sangat sulit untuk diperhatikan oleh karena perasaan marah dan iri hati yang tertukar.

c)      Menawar ( Bargaining) 
Pada tahap ketiga ini seseorang merasa ingin mati, tapi melakukan penawaran- penawaran dengan alasan- alasan tertentu seperti:”gue masih pengen hidup buat ngeliat dia bahagia sama cewe barunya”.

d)     Depresi ( Depression ) 
Pada tahap ini seseorang biasanya enggan bicara atau bertemu dengan orang lain. Lebih banyak menghabiskan waktu untuk menangis. Tapi meskipun begitu ini adalah tahap yang penting, mengapa demikian ? Ini karena tahap dimana jiwanya sedang berusaha untuk memutuskan hubungan dengan sesuatu yang hilang atau terjadi padanya. Oleh karena itu tidak disarankan untuk menghibur seseorang yang sedang berada ditahap ini.

e)      Penerimaan ( Acceptance) 
Ini adalah tahap terakhir, tahap penyelesaian segala kedukaan. Seseorang tersebut sudah bisa menerima keadaan dirinya dan atau keadaan yang baru setelah segala kedukaan kemarin.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment