Friday, October 14, 2016

Fenomena Tip of the tongue dan komponennya

Posted by Unknown on Friday, October 14, 2016





Tip of the tongue  adalah perasaan yang menyertai dapat diaksesnya item sementara dimana orang - orang mencoba untuk mengingat kembali item-item tersebut (Brown & McNeill, 1966). Sedangkan bagi Nelson (2000), istilah tip of the tongue (TOT) berarti suatu kognitif dimana seseorang dapat melaporkan fonologi sebagian atau informasi sematik tentang item yang dituju, tapi tidak bisa mengingat kembali seluruh kata yang sudah diingat.


Memang, eksperimen ini tidak meminta subjek yang mengalami TOT. Akan Tetapi, kebanyakan peneliti lain, mengikuti Brown dan McNeill (dalam Schwart, 2006), untuk mengoperasionalkan TOT dalam hal pengalaman fenomenologis rememberer. Baru-baru ini Schwartz (2006) mengacu pada ketidakmampuan untuk mengambil sebuah kata yang dikenal sebagai TOT tapi mengacu pada perasaan bahwa item akan diambil sebagai fenomena TOT.



Brown & McNeill (1966) mengatakan kita sering sebut pengalaman TOT adalah suatu atribut ke suatu target yang tidak bisa diingat kembali, tapi TOT didasarkan pada berbagai isyarat, heuristic, atau sumber bukti, seperti informasi parsial.  Terkait dengan informasi, dan keakraban isyarat, yang memprediksi kemungkinan mengatasi kegagalan pengambilan kembali informasi . Kami pandangan langsung dimana terdapat akses menyajikan sintesis, yang menyumbang kegagalan pengambilan kembali informasi dan pandangan, heuristik-metakognitif yang terdapat pada pengalaman TOT tersebut.

Memang, TOT yang mungkin dianggap sebagai firasat keberhasilan mengingat, bukan pengalaman kegagalan mengingat informasi tetapi TOT sebagai pengalaman metakognitif (Bacon, Schwartz, Paire-Ficout, dan  Izaute, 2007). Definisi dua bagian ini menghubungkan TOT ke dasar masalah dalam studi psikologi manusia yaitu bagaimana pengalaman, kognisi, dan perilaku terkait kembali ke masalah awal dalam psikologi (Schwartz & Metcalfe, 2010).


TOT ini memerlukan dua komponen yaitu:
a.         Tingkat-tingkat dasar dimana kognitif adalah tindakan mencoba mengingat sesuatu dari memori, dan tingkat yang lebih tinggi (Tingkat metakognitif) Pada tingkat yang lebih tinggi metakognitif sadar perasaan dimana menyadari TOT adalah refleksi tingkat tinggi ketika kita mengalami TOT.
b.        Pada tingkat kognitif yang lebih rendah adalah upaya untuk mengambil barang yang hilang dari memori. Artinya, TOT memiliki konten dimana kita merasa akan dapat mengingat item, meskipun kita tidak bisa melakukannya sekarang.

SUMBER:

Bacon, E., Schwartz, B. L., Paire-Ficout, L., & Izaute, M. (2007). Dissociation between the cognitive process and the phenomenological experience of the TOT: Effect of the anxiolytic drug lorazepam on TOT states. Cognition and Consciousness, 16. 360–373.

Brown, R., & McNeill, D. (1966). The“tip of the tongue” phenomenon. Journal of Verbal Learning and Verbal Behavior, 5, 325–337.

Nelson, T. O. (2000). Consciousness, self-consciousness, and metacognition.Consciousness and Cognition, 9, 220–223.

Schwartz, B. L & Metcalfe, J. (2010). Tip Of The Tongue (TOT) States: Retieval, Behavior, and experience. Mem Coga, DOI 10. 375. Psychonomic Society.

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment