Tip of the tongue adalah perasaan yang menyertai dapat
diaksesnya item sementara dimana orang - orang mencoba untuk mengingat kembali item-item
tersebut (Brown & McNeill, 1966). Sedangkan bagi Nelson (2000), istilah tip of the tongue (TOT) berarti suatu kognitif dimana seseorang
dapat melaporkan fonologi sebagian atau informasi sematik tentang item yang
dituju, tapi tidak bisa mengingat kembali seluruh kata yang sudah diingat.
Memang, eksperimen ini tidak meminta subjek yang mengalami TOT. Akan
Tetapi, kebanyakan peneliti lain, mengikuti Brown dan McNeill (dalam Schwart,
2006), untuk mengoperasionalkan TOT dalam hal pengalaman fenomenologis rememberer. Baru-baru ini Schwartz (2006) mengacu
pada ketidakmampuan untuk mengambil sebuah kata yang dikenal sebagai TOT tapi mengacu
pada perasaan bahwa item akan diambil sebagai fenomena TOT.
Brown & McNeill
(1966) mengatakan kita sering sebut pengalaman TOT adalah
suatu atribut ke suatu target yang tidak bisa diingat kembali, tapi
TOT didasarkan pada berbagai isyarat, heuristic,
atau sumber bukti, seperti informasi parsial.
Terkait dengan informasi, dan keakraban isyarat, yang memprediksi kemungkinan mengatasi
kegagalan pengambilan kembali
informasi . Kami pandangan langsung dimana terdapat akses menyajikan
sintesis, yang
menyumbang kegagalan pengambilan kembali informasi dan pandangan,
heuristik-metakognitif yang terdapat
pada pengalaman TOT tersebut.
Memang, TOT yang mungkin dianggap sebagai firasat keberhasilan mengingat, bukan
pengalaman kegagalan mengingat informasi tetapi TOT sebagai pengalaman metakognitif (Bacon, Schwartz,
Paire-Ficout, dan Izaute, 2007). Definisi dua bagian ini
menghubungkan TOT ke dasar masalah dalam studi psikologi manusia yaitu
bagaimana pengalaman, kognisi, dan perilaku terkait kembali ke masalah awal
dalam psikologi (Schwartz &
Metcalfe, 2010).
TOT ini memerlukan dua
komponen yaitu:
a.
Tingkat-tingkat dasar dimana
kognitif adalah tindakan mencoba mengingat sesuatu dari memori, dan tingkat yang
lebih tinggi (Tingkat metakognitif) Pada tingkat yang lebih tinggi metakognitif sadar perasaan
dimana menyadari TOT adalah refleksi tingkat tinggi ketika kita mengalami TOT.
b.
Pada tingkat kognitif yang
lebih rendah adalah upaya untuk mengambil barang yang hilang dari memori. Artinya, TOT
memiliki konten dimana kita merasa akan dapat mengingat item, meskipun kita
tidak bisa melakukannya sekarang.
SUMBER:
Bacon, E.,
Schwartz, B. L., Paire-Ficout, L., & Izaute, M. (2007). Dissociation
between the cognitive process and the phenomenological experience of the TOT:
Effect of the anxiolytic drug lorazepam on TOT states. Cognition and Consciousness, 16. 360–373.
Brown, R., & McNeill, D. (1966).
The“tip of the tongue” phenomenon. Journal
of Verbal Learning and Verbal Behavior, 5, 325–337.
Nelson, T. O. (2000). Consciousness, self-consciousness, and metacognition.Consciousness and Cognition, 9, 220–223.
Schwartz, B. L & Metcalfe, J.
(2010). Tip Of The Tongue (TOT) States: Retieval, Behavior, and experience. Mem Coga, DOI 10. 375. Psychonomic
Society.
No comments:
Post a Comment