Monday, June 5, 2017

KETERAMPILAN SOSIAL DALAM MENGHARGAI ORANG LAIN

Posted by ED-ONE on Monday, June 5, 2017



Keterampilan sosial adalah keterampilan untuk berinteraksi, berkomunikasi dan berpartisipasi dalam kelompok. Tim Broad-Based Education menafsirkan keterampilan sosial sebagai keterampilan berkomunikasi dengan empati dan keterampilan bekerja sama. Dalam berkomunikasi tidak hanya menyampaikan pesan, tetapi di dalamnya ada keinginan yang menimbulkan kesan baik untuk menumbuhkan keharmonisan maupun kesinambungan hubungan, serta solusi terhadap suatu permasalahan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi keterampilan sosial, yaitu pertama faktor dari dalam adalah faktor-faktor yang dimiliki oleh manusia sejak dilahirkan. Di dalamnya termasuk kecerdasan, bakat khusus, jenis kelamin, sifat-sifat dan kepribadiannya. Kedua faktor dari luar adalah faktor-faktor yang dihadapi oleh individu pada waktu dan setelah dilahirkan, faktor ini terdapat dalam lingkungan meliputi: keluarga, sekolah, masyarakat, kelompok sebaya dan lingkungan fisik. Dan ketika faktor perpaduan yang merupakan perpaduan antara faktor dari dalam dan faktor dari luar yaitu meliputi sikap, emosi, kebiasaan dan kepribadian (Hasanah, 2012).

Ada beberapa keterampilan sosial yang berkaitan dengan pembelajaran salah satunya adalah dalam menghargai diri sendiri dan orang lain. Mengembangkan perasaan yang kuat terhadap menghargai diri sendiri dapat membantu kita memaksimalkan potensi, mengembangkan hubungan yang sehat, dan membuat semua orang di sekitar kita melihat kita sebagai seseorang yang patut untuk dihormati. Jika kita benar-benar ingin menghormati diri sendiri, kita harus menerima diri sendiri, dan berusaha menjadi seseorang yang diimpikan. Semakin mampu kita memahami diri sendiri, semakin mampu juga kita melihat dan menghargai betapa uniknya diri kita, dan kita juga akan makin menghormati diri sendiri.

Saat ini kita sering lupa untuk menghargai sesama kita, terkadang kita selalu ingin untuk dihargai, tanpa mau menghargai orang lain. Di lingkungan, kita ingin dihargai sesama teman-teman, dijalan kita selalu mau dihargai orang lain tanpa mau menghargai orang lain. pernah kah kita bertanya pada diri sendiri, bagaimana mau dihargai oleh orang lain kalau kita tidak menghargai orang lain terlebih dahulu. Lalu kemana sikap saling menghargai antar sesama yang harusnya kita junjung tinggi hilang?

Hal ini selalu kita pertanyakan pada diri kita sendiri ketika kita merasa diri kita kurang dihargai oleh orang lain. Seharusnya kita selalu bercermin, dimana letak kesalahan kita sehingga orang lain berlaku kurang sopan terhadap kita.Namun pertanyaan itu terjawab.kita kini mengerti mengapa orang berperilaku seperti itu terhadap diri kita, mungkin sebagian dari mereka bersikap seperti itu karena kita tidak menghargai mereka, tetapi disisi lain karena hubungan kita terlalu dekat. Sehingga batas-batas yang seharusnya ada mulai memudar karena kedekatan tersebut.

Kita selalu menghargai pendapat orang lain. Meskipun mereka jauh lebih muda dari pada diri kita.Sifat itu memang sudah ada dari dulu, bukan hanya baru timbul karena kehidupan yang harus kita jalani sekarang. Namun kita selalu berpikir, setiap pemikiran orang akan memiliki sudut pandang yang beda. Begitulah apabila ada yang memberi pendapat, sekalipun mereka lebih muda dari kita, kita anggap ini akan membuka pandangan kita agar lebih luas dan pemikiran kita menjadi lebih 'open minded'.

Menghargai orang lain, sebagai salah satu unsur kecerdasan moral adalah elemen yang penting untuk kita tanamkan sejak dini. Dengan bisa menghargai orang lain, kita bisa menjadi insan yang lebih baik dan terpuji. Sebagai mahluk sosial kita harus berhubungan dengan orang lain. Menghargaii seseorang adalah bentuk interaksi sosial yang sukses atau berhasil.Jadi banyak manfaat yang timbul dari sikap saling menghargai orang lain.

Rasa menghargai atau respek adalah nilai moral dasar yang membuat kita sadar bahwa kita adalah manusia. Penting bagi kita untuk menghargai dan dihargai untuk membuktikan identitas kita sebagai manusia di antara makhluk-makhluk di bumi juga sebagai ciri-ciri orang baik hati. Kesadaran mengenai tindakan menghargai ini harus tertanam di diri setiap manusia sejak masa kecil tidak peduli dari kelas sosial mana seseorang berasal. Cara menghormati orang tua misalnya, adalah salah satu contoh tindakan menghargai yang paling pokok.

Namun beberapa orang, khususnya generasi muda yang terkena dampak dari pergaulan masa kini yang tidak sehat, malah menganggap menghargai orang lain sama dengan merendahkan diri sendiri. Mereka menganggap sikap menghargai sebagai tanda kelemahan atau inferioritas yang dapat melukai harga diri. Konsep tersebut adalah konsep mengenai emosi dan sifat dasar manusia yang jelas sekali salah. Semua orang tentu ingin dirinya dihargai oleh orang lain. Namun jika kita ingin orang lain menghargai kita cara terbaik yang dapat kita lakukan adalah dengan menghargai orang lain terlebih dulu. Dengan demikian orang lain akan memerlakukan kita setelah kita menunjukkan bagaimana kita ingin diperlakukan.

Orang lain akan lebih menghargai orang yang menghargai mereka. Dan dibawah ini adalah beberapa penjelasan bagaimana cara kita menghargai orang lain:
1.    Kenali Orang-orang Sekitar
Dengan kita mengetahui sikap orang-orang disekitar kita,kita akan tahu apa yang harus kita lakukan saat berhadapan dengan orang-orang disekitar kita.Secara otomatis kita akan menghargai orang-orang disekitar kita.
2.    Fokus pada Kelebihan (karena semua orang pasti punya kelemahan)
Jangan pernah menunjukan sikap yang menyinggung tentang kekurangan – kekurangan yang dimiliki orang.Tunjukan kalau kita lebih suka melihat kelebihan yang orang lain miliki,yang bias berguna untuk orang lain.
3.    Bangun Hubungan Saling Percaya
Sikap saling percaya sangat diperlukan dalam interaksi social yang sehat,denga kita mempercayai orang lain berarti kita menghargai apa yang orang lain lakukan.
4.    Selalu Mulailah menyapa seseorang terlebih dahulu
Biasakan memiliki insiatif untuk menyapa seseorang dimanapun kita berada.Orang yang kita sapa akan merasa dihargai keberadannya,dan meraka menunjukan penghargaan juga terhadap kita.
5.    Selalu keluarkan Senyum yang tulus bagi setiap orang
Hanya dengan tersenyum kita sudah dapat menunjukan bahwa kita mengargai orang yang kita jumpai.

Menghargai orang lain membuat kita merasa saling membutuhkan satu sama lain. Selain saling membutuhkan, ternyata kita semua juga bisa saling menguntungkan. Kita merasa beruntung karena bisa berbagi dengan orang lain,kita mendapat pemasukan uang dan mendapat kepuasan karena ada orang lain yang mau menggunakan hasil karya kita. Orang lain juga merasa diuntungkan dengan kebaradaan kita karena mereka bisa mendapatkan apa yang mereka perlukan dari kita.

Dalam menghargai orang lain, juga mendapat beberapa keuntungan yang berdampak positif untuk diri sendiri dan orang lain. Orang lain akan lebih termotivasi untuk menjadi lebih baik. Dengan dihargai orang akan merasa dirinya berguna bagi orang lain,dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi agar mendapatkan penghargaan-pengahrgaan yang lebih dari orang orang.

Orang lain akan lebih dekat dengan kita. Kita bisa menjadi sosok yang santun dan menyenangkan,sikap seperti inilah yang paling disukai orang lain.Secara otomatis orang - orang akan mendekati kita tanpa rasa keterpaksaan.

Orang tersebut nantinya juga akan lebih mudah menghargai orang lain pula, sebab mereka sudah menerimanya dari kita. Orang yang merasa dihargai orang lain akan menunjukan sikap yang lebih menghargai orang lain.Ini dikarenakan mereka sudah pernah merasakan dampak positif yang didapat dari penghargaan orang lain terhadap dirinya. Terjalin hubungan yang harmonis jika di dunia ini setiap orang saling menghargai maka tidak akan terjadii perselisihan antar individu atapun kelompok. Mereka akan merasa keberadaanya berguna dan akan saling mengisi,dengan ini keharmonisan akan tercipta.





SUMBER: 



Anonim. (-). Menghargai Diri Sendiri. http://id.wikihow.com/Menghargai-Diri-Sendiri

Efian, dkk. (2010). Bimbingan dan Konseling Sosial: Sikap Saling Menghargai Orang Lain. Universitas Negeri Yogyakarta: Ilmu Pendidikan


Lia, C. (2016). Cara Menghargai Orang Lain. http://cintalia.com/kehidupan/cara-menghargai-orang-lain

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment